Sabtu, 23 November 2013

Etika bisnis dalam masyarakat

PENGERTIAN ETIKA
Etika (Yunani Kuno: "ethikos", berarti "timbul dari kebiasaan") adalah sebuah sesuatu dimana dan bagaimana cabang utama filsafat yang mempelajarinilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral. Etika mencakup analisis dan penerapan konsep seperti benar,salahbaikburuk, dan tanggung jawab.
St. John of Damascus (abad ke-7 Masehi) menempatkan etika di dalam kajian filsafat praktis (practical philosophy).
Etika dimulai bila manusia merefleksikan unsur-unsur etis dalam pendapat-pendapat spontan kita.Kebutuhan akan refleksi itu akan kita rasakan, antara lain karena pendapat etis kita tidak jarang berbeda dengan pendapat orang lain. Untuk itulah diperlukan etika, yaitu untuk mencari tahu apa yang seharusnya dilakukan oleh manusia.
Secara metodologis, tidak setiap hal menilai perbuatan dapat dikatakan sebagai etika. Etika memerlukan sikap kritis, metodis, dan sistematis dalam melakukan refleksi. Karena itulah etika merupakan suatu ilmu. Sebagai suatu ilmu, objek dari etika adalah tingkah laku manusia.Akan tetapi berbeda dengan ilmu-ilmu lain yang meneliti juga tingkah laku manusia, etika memiliki sudut pandang normatif. Maksudnya etika melihat dari sudut baik dan buruk terhadap perbuatan manusia.

ETIKA BISNIS
            Secara sederhana yang dimaksud dengan etika bisnis adalah cara-cara untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan, industry dan juga masyarakat. Kesemuanya ini mencakup bagaimana kita menjalankan bisnis secara adil, sesuai dengan hokum yang berlaku, dan tidak tergantung pada kedudukan individu ataupun perusahaan di masyarakat.
            Etika bisnis lebih luas dari ketentuan yang diatur oleh hukum, bahkan merupakan standar yang lebih tinggu dibandingkan standar minimal ketentuan hukum, karena dalam kegiatan bisnis seringkali kita temukan wilayah abu-abu yang tidak diatur oleh ketentuan hukum.
            Etika bisnis dalam perusahaan memiliki peran yang sangat penting, yaitu untuk membentuk suatu perusahaan yang kokoh dan memiliki daya saing yang tinggi serta mempunyai kemampuan menciptakan nilai (value-creation) yang tinggi, diperlukan suatu landasan yang kokoh.

PENERAPAN ETIKA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
            Pernah tidak anda dicuekin oleh rekan kerja atau bahkan tidak ditegur sama sekali oleh rekan kerja anda? Apakah anda pernah membuat kesalahan di tempat kerja? Jika rekan kerja anda bersikap demikian lebih dari satu orang dan bahkan hampir seluruh ruangan mengabaikan diri anda, seharusnya anda jeli apakah ada yang salah pada diri anda? Mungkin saja etika anda di tempat kerja tidak membuat nyaman rekan-rekan kerja anda.
            Beberapa penerapan etika dalam kehidupan sehari-hari dalam dunia kerja yang harus dipatuhi oleh pekerja diantaranya :
1.      Etika berpakaian. Janganlah anda mengenakan pakaian kantor yang terlalu seksi dan terbuka jika di kantor terdapat peraturan mengenakan pakaian tertutup. Jangan sampai atasan dan rekan kerja gerah melihat pakaian anda yang terkesan seksi. Tampil modis dan bergaya tanpa membuka aurat yang seharusnya tertutup.
2.      Etika bertelepon. Ketika anda menerima atau menelepon menggunakan fasilitas kantor, hendaknya bukan digunakan untuk urusan pribadi. Kalaupun anda kepepet menggunakan fasilitas telepon untuk keperluan pribadi, jangan menggunakan line telepon terlalu lama. Apabila anda bekerja sebagai costumer services suatu perusahaan, hendaknya selalu menyapa dengan sopan setiap ada telepon masuk.
3.      Etika dalam merawat semua peralatan dan fasilitas kantor yang disediakan. Anda harus tahu bahwa peralatan kantor yang disediakan untuk memudahkan kerja banyak pihak. Jadi sebaiknya, anda merawat secara baik semua fasilitas kantor tersebut.
4.      Etika berinternet. Umumnya, disetiap kantor sudah memasang jaringan internet sendiri. Pengadaan internet di kantor jangan lantas membuat anda keasyikan berselancar dan mengabaikan pekerjaan. Mengakses internet saat pekerjaan sedang menumpuk sangat tidak disarankan. Bukankah anda tak ingin melihat bos cemberut melihat pekerjaan tak beres hanya gara-gara anda keasyikan bermain facebook atau twitter, bahkan sibuk browsing.
5.      Etika menyapa. Di kantor, anda tak hanya bekerja pada atasan saja. Anda pun memiliki rekan kerja yang mungkin saja seruangan dengan anda. Janganlah menjadi seorang pekerja yang masam. Ketika anda datang, sapalah seluruh rekan kerja anda dengan senyum ramah.

Pengertian etika tidak hanya dimengerti saja, tetapi harus dilaksanakan agar kehidupan anda lebih baik daripada sebelumnya. Ketika etika dijalankan dengan benar, yakinlah kesuksesan hidup akan anda raih dengan maksimal.